Jenis

jenis font

Coba perhatikan lagi pada font jenis serif diatas dimana pada setiap akhir huruf akan Anda lihat bentuk sudut/garis kecil. Gambar di atas merupakan karya yang dibuat oleh mahasiswa angkatan 2022. Proses yang dilakukan adalah melihat dan memahami terlebih dahulu bentuk asli typeface yang akan digambarkan. Proses penggambaran ulang dibuat dengan pensil, boleh menggunakan penggaris sebagai alat bantu untuk mengukur lebar dan tinggi.

sebagai font sans-serif geometris yang menarik untuk tampil dalam konteks teks atau tampilan. dalam keluarga jenis huruf san serif ini terlihat familiar dan berbeda, terutama dalam cara beberapa detail font dibulatkan. Bicara soal tampilan website, kita bukan hanya bicara tentang navigasi, widget, dan komposisi warna. Satu hal yang semakin penting dalam beberapa dekade terakhir adalah tipografi menarik dan memberikan user experience yang baik.

Mungkin anda sering menemukannya pada desain cover album band musik metal ataupun rock. Ciri khas dari jenis font ini adalah hurufnya yang tebal dan terdapat aksen motif pada hurufnya menyerupai graffiti. Font ini digunakan untuk keperluan desain yang mengusuk tema vintage dan tetap terlihat modern. Tulisan tebal dengan warna – warna yang menarik selalu menjadi pilihan tersendiri bagi para desain grafis dalam membuat karya – karyannya. Font ini sangat identik dengan tulisan tangan latin bergaya klasik. Contohnya seperti di buat menggunakan kuas ataupun spidol, dengan ukuran ketebalan yang bervariasi mulai dari tipis hingga tebal, tegak, miring dan sebagainya. Font ini sangat cocok digunakan untuk memberikan kesan santai pada desain.

jenis font

Saat itu jenis huruf Display sangat dibutuhkan dunia periklanan untuk menarik perhatian pembaca. Display type dibuat dalam ukuran besar dan diberi ornamen-ornamen yang indah. Kelompok Display / Dekoratif mewakili segala typeface yang tidak termasuk ke dalam kategori yang lain, baik itu typeface lama maupun baru. Banyak macam typeface jenis ini, diantaranya adalah Rosewood, Bermuda, Umbra, Grunge, Doodle, Dot 28, dan lain-lain.

Karena, kali ini Jaka akan memberikan tips dan trik cara mengetahui jenis font dengan mudah. Tips dan trik ini bisa berupa aplikasi pendeteksi font untuk mengetahui jenis font di pdf atau jenis font dimana pun.

Tetap dibutuhkan rasa dalam menggambar ulang typeface ini karena mahasiswa harus bisa menggambarkan lengkungan dan proposi yang baik sesuai dengan font/huruf yang sebenarnya. Hal yang tidak boleh dilewatkan juga adalah garis tempat huruf itu berpijak. Ada base line untuk garis yang paling bawah, mean line sebagai garis tengah, dan cap line adalah garis yang paling atas. Dengan adanya garis-garis tersebut maka akan didapatkan ukuran huruf yang proporsional. Kelompok typeface bergaya Display pertama muncul sekitar abad 19 dan semakin banyak karena teknologi pembuatan huruf yang semakin murah.